Kamis, 26 April 2012

JAHE MERAH YANG SEGARKAN TUBUH

Manfaat Jahe Merah terhadap kesehatan tubuh

 
khasiat jahe merah, jahe merah dan beberapa manfaatnya
(Manfaat Jahe Merah terhadap kesehatan tubuh) – Tanaman jahe merah merupakan tumbuhan berbatang tegak dan tidak bercabang. Daunnya tersusun berselan-selang tertaur. Batangnya bulat kecil berwarna hijau dan agak keras. Tinggi tanaman ini tidak lebih dari 60 cm.
Jahe merah disebut Zingiberofficinale linvarubrum termasuk kedalam spesies jahe atau Zingiber Officinale Rosc. Di daerah dikenal dengan nama jahe sunti. Dibalik rasanya yang pedas jahe meah mengandung zat yang sangat berguna bagi tubuh kita.
Sesuai namanya jahe ini berwarna merah hingga jingga muda. Tanaman ini berserat kasar dengan tekstur batang yang kasar pula, batang berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau kemerahan. Jahe merah banyak dipilih sebagai obat batuk lantaran kandungan zat yang dimilikinya seperti minyak atsiri, zat gingerol, serta oleoresin atau zat yang memberi rasa pahit dan pedas lebih tinggi dari jahe biasa.
Sifat kimiawi yang terkandung di dalam jahe jenis ini adalah gingerol dan minyak terbang, lomonene, cineole, dehydrogingerdione, gingerdione, alphalonolenic acid, arginine, asparic, betha-sitosterol, caprilic-acid, capsaicin, chorogenic acid, famesal, famese, famesol. Komponen jahe merah yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan. Fungsi gingerol mencegah penggumpalan darah, sehingga pembuluh darah tidak tersumbat. Seperti diketahui bahwa penyumbatan pembuluh darah merupakan penyebab utama stroke dan serangan jantung.
Gingerol juga diketahui dan dipercaya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Tanaman yang memiliki bahasa ilmiah Zingiber Officinale ini ukurannya lebih kecil dibanding jahe lainnya.  Selain itu jahe merah juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas didalam tubuh. Tumbuhan umbi ini juga juga efektif sebagai pereda rasa sakit yang alami serta dapat meredakan rematik, sakit kepala serta migraine.
Jahe merah sering dimanfaatkan sebagai bahan baku obat herbal karena aromanya yang sangat tajam. Khasiatnya antara lain membuat lambung menjadi nyaman dan membantu mengeluarkan anginjuga melawan pilek dan flu. Khasiat lain jahe selain sebagai peluruh masuk angin dan untuk menghangatkan badan juga dapat membantu menambah nafsu makan dan peluruh keringat. Tumbuhan ini juga dapat membantu mengatasi radang tenggorok, sakit pinggang, meningkatkan stamina, mangatasi asma dan batuk kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar