Kamis, 31 Januari 2013

KHASIAT EKSTRA BIJI RAMBUTAN



UMAT SEHAT -- Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh penduduk dunia. Federasi Diabetes Internasional (IDF) melaporkan bahwa penduduk dunia yang menderita diabetes mellitus pada tahun 2004 adalah sebanyak 177 juta orang. Jumlah penderita diabetes mellitus di Indonesia juga meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah penderita diabetes mellitus di Indonesia pada tahun 2020 diperkirakan sebanyak 7 juta orang atau 1,5 – 2 % penduduk dunia.


Banyaknya penderita diabetes mellitus mendorong para peneliti untuk mengkaji lebih mendalam mengenai penyakit tersebut. Hasil kajian para peneliti ditemukan suatu upaya untuk mencegah dan mengobatinya, diantaranya dengan olagraga yang cukup, terapi insulin dan obat-obat medis. Namun, upaya tersebut belum cukup untuk mrngatasi penyakit diabetes mellitus.

Usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu kembali ke alam, salah satunya dengan menggunakan biji rammbutan. Biji rambutan mengandung lemak dan polifenol cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia ini berkhasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah). Inilah yang menjadi alasan biji rambutan dapat dijadikan terapi dalam menurunkan kadar gula darah penderita diabetes yang cenderung tinggi.


Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa
Nurosid1, Aulidya Nurul H2, Kustini3
Diajukan dalam rangka mengikuti seleksi Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional BEM Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS)

vittapuvita.wordpress.com

2 komentar:

  1. Mau Nanya,,,Cara mengolah biji rambutan sampai siap dikonsumsi sbgai obat bagaimana ya ???
    trimms...

    BalasHapus
  2. diambil dari beberapa sumber.
    cara mengolah :
    biji di sangrai, lalu ditumbuk dan seduh tumbukan biji tersebut, lalu minum selagi hangat.
    *serbuk biji rambutan hanya bertahan 5-7 hari saja

    BalasHapus